BREAKING NEWS

HAPPY READING

Minggu, 31 Juli 2016

Penjelajahan Samudra Bangsa Spanyol




Pada 3 Agustu 1942 spanyol untuk pertama kalinya mengadakan penjelajahan samudra. Sebab-sebab Penjelajahan Bangsa Spanyol adalah : Ajaran Copernicus yang menyatakan bahwa bumi itu bulat, Kisah perjalanan Marco Polo ke dunia timur yang diceritakan dalam  buku Imago Mundi (Anggapan tentang Dunia), Timbulnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti penemuan kompas, navigasi, mesiu, dan peralatan kapal yang mempermudah pelayaran,Terdorong mewujudkan semangat 3G, yaitu gold, gospel, dan glory (mencari kekayaan, menyebarkan agama Katholik, dan memperoleh kejayaan). Tujuan mereaka melakukan penjelajahan adalah Mencari dareh penghasil rempah-rempah, memperluas kekuasaan, dan menyebarkan agama gereja.
A.   Peta penjelajahan bangsa spanyol dipelopori oleh 3 tokoh besar dari spanyol yaitu :

1.                   Christhoper Columbus
2.                  Ferinand maghealllans
3.                  Yuan sebastian del Cano










1.      Christhoper Columbus

Pada tanggal 3 Agustus 1492, dengan menggunakan tiga buah kapal yaitu Santa Maria, Nina, dan Pinta, Columbus mulai berlayar mencari sumber rempah-rempah di dunia Timur. Setelah berlayar lebih dari 2 bulan mengarungi Samudra Atlantik, sampailah Columbus di Pulau Guanahani yang terletak di Kepulauan Bahama, Karibia. Ia merasa telah sampai di Kepulauan Hindia Timur yang merupakan sumber rempah-rempah. Ia menamai penduduk asli di kawasan itu sebagai Indian. Selanjutnya Kepulauan Bahama dikenal sebagai Hindia Barat. Columbus bersama seorang penyelidik bernama Amerigo Vespucci antara tahun 1492 – 1504, berlayar terhitung 4 kali. Mereka menemukan benua baru yang diberi nama Amerika. Jadi penemu Benua Amerika adalah Christopher Columbus. Sejak Columbus menemukan benua Amerika, menyusul pelaut-pelaut Spanyol seperti Cortez dan Pizzaro. Cortez menduduki Mexico pada tahun 1519 dengan menaklukkan suku Indian yaitu Kerajaan Aztec dan suku Maya di Yucatan. Pizzaro, pada tahun 1530 menaklukkan kerajaan Indian di Peru yaitu suku Inca.

·         Tahun penjelajahan : 1492 – 1519.
·         Tujuan dari penjelajahan yang dilakukan oleh columbus yaitu : untuk mencari daerah baru penghasil rempah – rempah di Timur.
·         Wilayah yang dilalui : pelabuhan Spanyol – kepulauan Kanari – samudra Atlantik – kepulauan Bahama – San Salvador – Haiti – Spanyol


2.      Ferinand maghealllans
Pada tanggal 10 Agustus 1519, Magelhaens ( Magellan, keturunan Portugis) dengan lima buah kapal berawak 250 orang, berlayar ke barat mengikuti jejak Columbus. Magelhaens didampingi  Kapten Juan Sebastian del Cano ( Sebastian Ecano) dan seorang penulis dari Italia yang bernama Pigafetta. Penulis inilah yang mengisahkan perjalanan Magelhaens-del Cano mengelilingi dunia yang membuktikan bahwa bumi itu bulat seperti bola.

Pada tahun 1520, setelah menyeberangi samudra Pasifik, sampailah rombongan Magelhaens di kepulauan Massava. Kepulauan ini kemudian diberi nama Filipina, mengambil nama raja Spanyol, Philips II. Rombongan Magelhaensmendirikan batu peringatan dan mengklaim sebagai daerah kekuasaannya.Magelhaens juga menyebarkan agama Katolik dan berhasil menggaet raja Cebu. Dalam suatu pertempuran melawan orang Mactan, Magelhaens gugur  (27 April 1521). Akibat peristiwa itu rombongan bergegas meninggalkan Filipina di pimpin olehSebastian del Cano, menuju kepulauan Maluku. Tersisa tinggal 2 kapal, yaitu Victoriadan Trinidad dengan awak kapal 17 orang,  berhasil memborong rempah-rempah di Maluku kemudian melanjutkan perjalanan kembali menuju Spanyol lewat Tanjung Harapan. Kapal Victoria berhasil sampai di Spanyol (6 September 1522 ) sedang kapalTrinidad dirampas Portugis di tengah jalan.
Magelhaens dianggap sebagai orang besar dalam dunia pelayaran. Raja Spanyol memberi hadiah sebuah tiruan bola bumi. Pada tiruan bola bumi itu dililitkan pita bertuliskan ‘ Engkaulah yang pertama kali mengetahui diriku’.

·         Tahun penjelajahan : 1591-1521
·         Tujuan : untuk melanjutkan pelayaran dari columbus yang tidak menemukan daerah baru penghasil rempah-rempah di Timur
·         Wilayah : selat magellan -kepulauan massava / filipina (pelayaran di lanjutkan oleh seorang kapten yang menemani magheallans. Karena di filipina, magheallans tewas.)

3.      Yuan sebastian del Cano
·          Tahun penjelajahan : 1521
·         Tujuan : melanjutkan pelayaran yang dilakukan oleh ferinand magheallans untuk mencari daerah baru penghasil rrmpah- rempah
·         Wilayah : filipina - kepulauan maluku -tanjung harapan – Spanyol

B.   Daerah-daerah yg disinggahi Bangsa Spanyol
kepulauan Bahama, Amerika, Indonesia lebih tepatnya di kepulauan  maluku , Phillipina

C.   Daerah yang dikuasai Bangsa Spanyol
Filiphina kepulauan Massava dan Indonesia kepulauan Maluku

 D.Tujuan Penjelajahan Bangsa Spanyol
1.   Mencari dareh penghasil rempah-rempah
Setelah turki menguasai jalur perdagangan mengakibatkan pasokan rempah-rempah untuk spanyol mengalami penurunan darilah itu tertantang untuk mengadakan penjelajahan samudera dalam upaya mencari daerah penghasil barang-barang yang dibutuhkannyaa, terutama rempah-rempah.

2.   Memperluas kekuasaan.
Bangsa spanyol melakukan pelayaran bukan tanpa tujuan politik. Salah satu tujuan politiknya adalah untuk memeperluas tanah jajahan. Pada awalnya, tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia hanya untuk membeli rempah-rempah dari para petani Indonesia. Namun, dengan semakin meningkatnya kebutuhan industri di Eropa akan rempah-rempah, mereka kemudian mengklaim daerah-daerah yang mereka kunjungi sebagai daerah kekuasaannya. Di tempat-tempat ini, bangsa Eropa memonopoli perdagangan rempah-rempah dan mengeruk kekayaan alam sebanyak mungkin.
3.   Menyebarkan agama gereja.
Selain mencari rempah-rempah, bangsa spanyol juga mentebarkan agama gereja pada daerah-daerah yang mereka singgahi. Seperti semboyan 3G (Gold,Glory,Gospel).


Share this:

21 komentar :

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. ijin untuk bahan pembelajaran ya... terima kasih banyak....

    BalasHapus
  4. Ijin jadi materi presentasi ya kak.. ini sangat membantu.. terimakasih:)

    BalasHapus
  5. Terima kasih kak. Sngat membntu. Guru sjarah saya saja smpai menagis smbil tepuk tngan saking akuratnya

    BalasHapus
  6. Terima kasih kak sangat membantu

    BalasHapus
  7. Nice artikel
    Kunjungi blog saya di
    https://materier.blogspot.com

    BalasHapus
  8. gambarnya kok gak bisa dibuka ya?

    BalasHapus
  9. Boleh ditambahkan sejarah yg tersembunyi...

    BalasHapus

 
Designed By OddThemes & Distributd By Blogger Templates